Rabu, 27 November 2013

Mengenal Teknik Informatika (TI)



Teknik Informatika atau biasa disingkat TI, adalah salah satu jurusan dengan prospek yang sangat luas. Sebelum memilih jurusan dalam perkuliahan, kita harus benar-benar mengerti apa yang akan kita hadapi. pada era globalisasi dewasa ini, TI menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengejar kesejahteraan dalam keuangan di masa depan. dan sesuai dengan judul blog sebelumnya mengenai "antara Waktu dan Passsion" yang membahas tentang salah jurusan dalam dunia perkuliahan. aku akan mengembangkannya dengan pembahasan jurusan yang membuatku ingin pindah, atau salah masuk, langsung saja~

contoh program sederhana (program NETBEANS) bebasis JAVA

TI, dari namanya saja kita sudah tahu kalau di dalam teknik informatika kita akan memperdalam ilmu komputer, terutama di dalam bidang programming. selama setengah tahun aku belajar tentang pemrograman. Tidak hanya itu, aku juga belajar mengenai ilmu logika dan penerapannya di dalam ilmu komputer, entah itu dalam bentuk matematika diskrit, sistem digital yang mencakup algoritma, bilangan biner/hexa/dll, flowchart, dan masih banyak lagi. Yang akan kita hadapi pada semester 1 adalah basic dari ilmu komputer ini. bagaimana komputer terbentuk, sebuah layar bisa menghasilkan gambar, dan itu terasa luarbiasa, bagaimana benda-benda ini bisa terbentuk... ya, selain ilmu dan penerapan pemrograman, kita juga akan belajar fisik dari komputer itu sendiri. Rasanya sama seperti dokter yang mempelajari satu objek saja, yaitu manusia, kita juga mempelajari objek komputer beserta bagian2nya.. bahkan kita juga akan mempelajari virus dan antivirusnya. bedanya ini adalah mesin yang gak banyak protes, tapi sekalinya eror marakke mumet (bikin pusing) hhehe.. 



hmmmm... bayangkan saja, bagaimana sebuah rangkaian listrik dapat menghasilkan gambar yang sangat bagus, sebuah keping CD dapat menyimpan suara seseorang dan memainkannya berulang-ulang, atau sebuah chip yang besarnya kurang dari 1x1cm bisa menjadi otak dari komputer.. itulah bagian yang luarbiasa dari ilmu Teknik Informatika. Jangan berhayal terlalu tinggi, kita bisa saja menjadi seperti bill gates atau Steve Jobs yang menjadi motor dari 2 perusahan komputer terbesar di dunia, mereka tidak sendiri, dan apa yang mereka capai adalah karena sebuah inovasi. inilah bagian tersulit dari TI. benar apa yang dikatakan Enstein, imajinasi lebih penting dari penerapan sebuah ilmu. dan disinilah bagian yang tidak bisa kita pelajari, kita di tuntut berfikir keluar dan kreatif. Apalagi pada semester satu kita hanya akan mempelajari ilmu pemrograman entah itu berbasis JAVA, C++, Visual Baic, dan lainnya. Program yang akan kita buat juga sangat sederhana, dan penjurusan yang ada di dalam TI seperti basis data, dll.. Jadi jika kita tidak mempunyai semangat dan gairah dalam memperdalam ilmu komputer ini, dan tidak bisa bertindak 'Out of the Box' atau berkembang di luar kelas perkuliahan, kita tidak akan bisa seperti mereka yang telah mendahului kita. 


Kalau yang kita kejar hanya kemapanan, itu salah besar... orang mapan itu banyak faktornya... Dan memilih jurusan kuliah yang kita anggap sebagai jurusan yang berprospek BUKANlah faktor dari kesuksesan, tetapi menjalani apa yang menjadi semangat kita untuk berkembang, dan mau belajar, itulah kesuksesan yang sebenarnya. karena sukses itu relatif, sekedar share dan pengalaman saja, aku pernah tinggal kelas di kelas 5, dan setelah itupun aku sulit berkembang dalam belajar, memasuki bangku SMA aku mulai berkembang dan akhirnya bisa mendapat ranking kelas, saat itu rank 7.. mungkin itu ranking terburuk bagi anak yang selalu rank 3 besar, tetapi itu adalah sebuah pencapaian yang sangat besar bagiku yang pernah tinggal kelas ini... kembali lagi ke TI. jika kalian ingin masuk ke dalam jurusan ini, aku sarankan kalian harus bena-benar menyukai komputer dalam suka maupun duka. Karena jika tidak, kalian hanya akan menjadi 'robot' yang sebenarnya dikendlikan komputer sendiri. jangan menyia-nyiakan hidup, dan jangan membuat hidup anda membosankan. Temukan alasan hidupmu, dan jalani yang mebuatmu semangat, "purpose and passion driven life"

salam...
semoga bermanfaan ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar