Rabu, 13 November 2013

Pindah Jurusan (Antara Passion dan Waktu) part 1



YA.. Sesuai dengan judul di atas, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentaang dunia perkuliahan, dan semua dimulai sejak saya duduk di bangku kelas 3 SMA...

Masa-masa paling indah adalah masa-masa disekolah, dan hal itu tidak dpat kita pungkiri, bagi kita yang telah merasakan asam dan garam, menjadi seorang yang dewasa. Sulit untuk dimengerti sebagian orang yang masih duduk di bangku sekolah. Sesungguhnya, tanggung jawab yang kita emban semasa SMA tidaklah sama dengan tanggung jawab yang akan kita hadapi di masa kemandirian kita, yaitu dunia perkuliahan. 
hal ini sebagai pembuka saja, supaya pembaca, khususnya adik-adik yang masih SMA dapat menikmati setiap detiknya, saat kalian berada di sekolah... Karena kalian akan merasa masuk ke dunia yang benar-benar baru. Dimana kalian akan dituntut untuk mandiri.

ya, dimulai saat kita berada di awal kelas 3 SMA. di saat itu kita akan mulai menentukan dan mencari-cari, jati diri kita yang sebenarnya. Kita akan memperluas pandangan kita tentang dunia. Akan sangat banyak harapan pada saat itu, tetapi kita harus realistis, gak selamanya yang kita bayangkan tentang masa depan kita akan berjalan sesuai dengan keinginan kita. Sempat bermimpi sebagai arsitek, sempat juga bermimpi sebagai psikolog, juga bermimpi sebagai guru, pilihan yang begitu banyak dan bayangan yang begitu indah untuk masa depan benar-benar tertanam di dalam pikiran. Tetapi semangat yang mengebu-gebu saat itu hanyalah sesaat. Setiap manusia akan di hadapkan pada pilihan-pilihan yang sangat berat, yang akan menetukan hidup dan matinya kita. Akan mati dalam keadaan apa kita nanti? pertanyaan itu sudah menghancurkan langkah kecil saya. Kita jangan berfikir terlalu jauh dulu, berfikir step by step, dan memperhatikan dengan terperinci langkah yang akan kita ambil dan pastinya usaha yang matang. 

bagaimana rencanamu untuk menata masa depanmu? ya tentu saja berhubungan dengan jurusan kuliah yang hendak kamu ambil...???



Cobalah percaya pada hasil tes minat dan bakat anda...
waktu penentuan akan semakin mendekat, dia tidak perduli, apakah kita sudah berfikir matang ataupun belum memikirkannya sama sekali, pertahankan mimpimu dan usahakanlah! kalau belum tahu ingin jadi apa, coba pertiimbangkan apa yang di sarankan oleh hasil test minat dan bakat yang telah kalian lakukan...
pertanyaan2 yang umum kita temui saat hendak memilih jurusan kuliah adalah...
akan jadi apa setelah lulus nanti? (prospek)
apa saja yang akan ku pelajari nanti? (passion)
ya, kedua pertanyaan umum itulah yang pastinya akan kita temui di saat kita hendak memilih jurusan kuliah.
tetapi seiring berjalannya waktu, kita akan terpojokkan untuk memilih jurusan yang kita anggap memiliki prospek kerja yang bagus dan luas sesuai dengan pertanyaan pertama. kita akan melupakan apa yang menjadi passion kita saat ini. dan itulah yang ku alami saat ini, yang akan ku bagikan kepada pembaca semua. :D

Saya sekolah di SMA dan bukan SMK, saya berada di jurusan IPA saat SMA. saat itu, jurusan ipa dianggap sebagai jurusan yang superior sehingga kesempatan kita untuk memilih jurusan kuliah sangatlah luas. dan itu yang membuat saya menjadi bingung untuk memilih jurusan.
setelah lulus SMA, aku berusaha untuk mendapatkan jurusan yang aku inginkan, yaitu Teknik Mesin, tentunya di perguruan tinggi negri yang mempunyai track record yang bagus di bidang itu, pilihan utamaku jatuh kepada UGM. Tetapi kenyataan yang aku hadapi tidaklah semulus mimpi yang aku bayangkan. Pada kesempatan jalur ujian SBMPTN (nama ujian tertulis snmptn) aku tidak berhasil lolos. dan aku sangat terpukul saat itu, aku merasa kehilangan arah dan mulai memikirkan alternatif jurusan yang bisa aku ambil, karena pada saat itu aku berfikir muluk bahwa tidak ada PTS dengan jurusan teknik mesin yang baik. Dan pemikiranku itulah jurang dalamku. Saat itu aku mulai memikirkan masa depanku, akan jadi apa aku nanti, dan aku terlalu khawatir tentanng hal itu.. ingat "Jangan Kuatir tentang masa depanmu, Jalani apa yang kamu SUKA, bukan apa yang menjanjikan mu macam-macam."


Karena terlalu khawatir itulah, yang semula aku sudah di terima di salah satu PTS di jogja dengan prodi teknik Arsitektur (sesuai dengan saran tes minat dan bakat), mulai beralih ke Teknik Informatika yang menjanjikan masa depan yang luas dan berpenghasilan baik. dan saat itulah neraka duniaku dimulai...

Sesuai dengan yang kubilang sebelumnya, Aku memilih IT karena memiliki prospek yang bagus. selama 1 bulan menjalani masa kuliahku, akusudah mulai merasa tidak nyaman, dengan keadaan pembelajaran, sangat membosankan bagiku, bahkan kita akan sangat merasa menderita akan hal ini. dan aku yakin, aku telah salah memilih jurusan. apa yang akan ku perbuat setelah inipun masih menjadi tanda tanya besar (???)
aku mulai mencari jalan keluar, karena memang banyak faktor ketidaknyamanan yang kutemui di tempatku ini... Tetapi pindah jurusan bukanlah sesuatu yang dapat dengan  mudah kita pilih, bayangkan saja, kita seperti memilih untuk Tinggal kelas. Aku juga punya pengalaman tinggal kelas saat SD,, dan aku tahu rasanya sangatlah tidak menyenangkan. Harus mengulang di tahun depan bersama dengan adik-adik kelas kita. tetapi menurutku hal sekelas bersama adik-adik kelas tidaklah masalah utama, karena kita akan berhadapan langsung dengan masa depan kita, dan yang terpenting adalah Waktu. kita akan mengorbankan waktu kita selama 1 tahun dengan sia-sia.



Ini Kuliah dan bukan sekolah, perbedaan umur bukanlah hal yang begitu penting. ya memang lebih baik kita dapat lulus semuda mungkin, tapi apa jadinya jika kita tidak menikmatinya? hidup ini hanya sekali, dan pilihan yang sangat berat ini akan benar2 menjadi pilihan yang menetukan masa depan kita.. pikirkan secaara matang. Saat ini aku masih memikirkan tentang apa yang akan aku rencanakan kedepannya, sebelum pindah jurusan... untuk sementara waktu, aku akan mencari dan mengetahui dengan pasti jurusan baru yang aku pilih, supaya tidak terjadi lagi salah jurusan. Dan aku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkannya.... kiranya sampai disini dulu pengelaman saya.. karena sedang dalam proses pergumulan ketidak cocokan dengan jurusanku saat ini yakni IT... semoga bisa bermanfaat :D
bukanlah menganai apa yang menjanjikan kamu, ikuti kata hatimu, jalankan takdirmu...
antara Waktu dan Passion

Tidak ada komentar:

Posting Komentar