Senin, 13 Januari 2014

Pergumulan Hidup

Setiap manusia pasti akan mengalami sebuah pergumulan, entah pergumulan apa yang terjadi. Pergumulan dapat diartikan sebagai pergulatan atau permasalahan hidup. Jika kita klasifikasikan, akan ada banyak sekali macam-macam pergumulan. Dimulai dari yang paling umum, masalah cinta atau pasangan hidup, masalah pekerjaan, masalah sosial dengan teman, ataupun atasan, dan masih banyak lagi. Kunci dari setiap pergumulan hidup tidaklah sulit dimengerti, tetapi akan sangat sulit dilakukan ketika kita tidak mengiklaskan hati kita untuk dengan segenap hati menyelesaikan pergumulan tersebut.

Sebagai anak muda, apa saja sih yang biasa kita hadapi di dalam kehidupan? Masalah apa yang datang hingga membuat kita tersungkur dan jatuh? Masalah sosial kah? Atau masalahh yang terjadi di dalam karirmu? Sudah sejauh apa kamu mengusahakan yang baik di dalam pergumulanmu itu? memang di dalam sebuah pergumulan hidup akan banyak pertanyaan yang muncul, sesuai dengan masalah yang sedang kita hadapi, contoh ketika kita sedang menghadapi masalah pekerjaan, disaat kita merasa pekerjaan kita terlalu sulit untuk kita jalani, kita akan dihadapkan pada pilihan dengan pertanyaan, apakah ini pekerjaan yang kita impikan dan harus kita pertahankan? ataukah aku harus keluar dari pekerjaan ini dan berusaha sekuat tenaga untuk mencari sesuatu yang baru dan yang lebih baik? bertahan atau keluar? dan jika kita bedah kedua pilihan itu, secara keimanan memang tidak ada yang salah, untuk pertanyaan pertama, hal tentang mempertahankan pekerjaan, dimana kita akan dibuat berfikir, "inilah jalan Tuhan yang telah Ia sediakan bagiku, dan harus ku jalani, pasti akan ada jalan keluar bagiku yang setia terhadap masalah ini." dan dari sudut pandang yang berbeda yang tidak bisa kita salahkan juga. Dari pertanyaan kedua, kita akan dibuat berfikir "aku tidak boleh berlama-lama di dalam keterpurukan seperti ini, aku harus keluar dan mencari jalan terbaik, aku akan membuat keputusan yang radikal untuk kehidupanku, karena ku yakin dan percaya ini semua pelajaran yang Tuhan beri padaku, adalah untuk aku dapat menjadi pribadi yang lebih baik." Ya, contoh singkat itu adalah contoh yang ku ambil sendiri dari pergumulan hidupku dalam menghadapi kehidupan perkuliahan. Dihadapkan diantara 2 pilihan, bahkan lebih, yang akan menentukan masa depan kita memang tidaklah mudah. Kita akan dibuat befikir dan berani untuk memilih keputusan sulit.

lalu, apa pergumulan kalian saat ini? apakah oleh karena permasalahan yang kalian hadapi, kalian menjadi jatuh dan tersungkur? Tuhan tidak pernah memberikan masalah diluar dari kemampuan kita untuk menanggungnya, dan itu pasti! Masalah yang kita hadapi bukan untuk dilupakan, tetapi untuk diselesaikan. Mencari jalan keluar memang tidaklah mudah, tetapi jika kita lari dari sebuah masalah, bagaimana kita mau belajar? suatu saat akan ada masalah yang serupa, dan saat itu kita akan siap dengan segala keadaan yang kita hadapi. "Setialah pada perkara yang kecil, maka ia juga setia pada perkara yang besar." Maksud dari setiap masalah adalah pendewasaan diri, kita akan selangkah lebih maju, ketika kita berusaha dengan segenap hati menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Memang tidak selamanya usaha kita akan behasil, tetapi ketika kita sudah berusaha dan terjatuh, itulah yang terpenting Proses yang dialami setiap orang akan berbeda-beda, ada orang yang dengan mudah mencapai puncak, dan ada yang harus dengan jatuh bangun baru bisa mencapainya. Beruntunglah kita yang dengan tidak mudah mencapai puncak, karena pelajaran hidup yang kita ambil dari proses tersebut lebih banyak, dan itulah yang membuat kita lebih bijak ketika kita berada di puncak. ada firman Tuhan yang berbunyi "berbahagialah jika engkau jatuh dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab ujian terhadap imanmu menghasilkan ketekunan, dan biarlah ketekunanmu tumbuh berkembang dan memperoleh buah yang matang." Dari sini kita akan mengerti, setiap permasalahan yang dihadapkan pada kita semata-mata untuk menumbuhkan kita tidak hanya menjadi lebih dewasa di dalam hidup, tetapi juga di dalam iman. Lalu kenapa kita harus khawatir dengan masa depan kita? Padahal ia telah menyediakan segalanya yang terbaik bagi kita yang setia di dalam setiap pergumulan.

Satu firman Tuhan terakhir, yang tidak boleh kita lupakan di dalam menjalani setiap permasalahan hidup "Janganlah  kamu khawatir terhadap apapun juga, tetapi nyatakan segala hal di dalam doa dan permohonan, dengan ucapan syukur." Jangan pernah mengandalkan kekuatan sendiri, dan ingat bahwa kuasa doa jauh melebihi apapun. Tidak hanya itu, di dalam keterpurukan, kita harus selalu bersyukur atas kehidupan dan segala kepenuhan yang telah Tuhan berikan bagi kita...
Itulah hal yang mebuat kita semakin dewasa didalam hidup dan di dalam iman, itlah hal yang membuat kita semakin bijak, itulah hal yang mendekatkan diri kita kepada Tuhan, itulah hal yang membuat kita tersungkur sekaligus membuat kita bersyukur, itulah kuasa Tuhan di dalam hidup kita, itulah pergumulan hidup... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar