Minggu, 14 Desember 2014

STRES ?

Stress...
9 desember 2014
Saat ini entah kenapa gue merasa stress lagi. Dimulai dari saat minggu malam, dimana gue mendapat mimpi yang sangat panjang dan sangat aneh, ibu datang ke kosan, bertemu dengan teman2 SMA, pindah rumah kos, jalan2 ala backpaker, tetapi entah kenapa setelah rangkaian mimpi itu selesai, aku merasakan keadaan yang tidak damai. Dan ini berlanjut sampai hari ini, ini hari selasa, sehari setelah mimpi itu terjadi.
Aku tidak tahu apa yang terjadi, bahkan yang ku rasakan. Tetapi satu hal yang pasti, aku merasakan keadaan tidak damai di dalam hatiku. Hal ini terasa sangat tidak menyenangkan. Aku harus mengawali hariu dengan kebersungut-sungutan.
Ketika aku mendengar beberapa lagu dari sari simorangkir, aku kembali teringat pada masa dimana aku masih berkuliah di Sanata Dharma, dan entah kenapa aku sangat menyayangkan kepindahanku. Kenapa baru saat ini terpikirkan olehku, kenapa saat itu aku tidak pindah jurusan saja, dengan menambahkan nilai-nilai dari semester 1 dan 2 yang bisa dimasukkan ke dalam KRS teknik mesin SaDhar. Penyesalah adalah hal yang paling ku hindari saat ini, tetapi ini terjadi padaku saat ini. Caraku bercerita dengan tulisan pun ku lakukan karena aku sendiri bingung apa yang sebenarnya terjadi padaku, dan apa yang akan ku ceritakan kepada oranglain. Aku rasa ini bukan menganai salah jurusan yag kedua kalinya, tetapi karena aku yang sulit beradaptasi, semoga saja begitu.
Aku sangat tidak mengharapkan salah jurusan. Hal ini telah membuatku frustasi di masa lalu, bahkan aku bisa tidak berfikir jernih karena hal ini.
Inlah lagu yang mengingatkanku pada saat-saat dimana aku kuliah di Sanatha Dharma:
Bagi Tuhan tak ada yang mustahil
Bagi Tuhan tak ada yang tak mungkin
MukjizatNya disediakan bagiku
Ku di angkat dan dipulihkanNya.
Yah itulah potongan lagu yang membuatku teringat pada masa lalu itu. Aku ingat ketika aku setress karena salah jurusan dan beberapa masalah pribadi dalam diriku saat itu, setahun yang lalu. Aku ingat ketika aku selalu menangis saat doa pagi, berharap semuanya akan berubah. Dan aku juga ingat saat aku berharap masuk UGM. Tetapi kenapa saat aku berusaha mengingat masa-masa itu, aku teringat kembali dan berharap aku bisa berada pada kondisi itu, karena fakta yang kuterima saat ini adalah ketidaknyamanan hati. Mungkin terkadang aku harus bercerita kepada anak psikologi dan mengkonsultasikan ke bimbangan ku dalam menjalani kehidupan di sini, semoga saja hal ini terjadi semata-mata karena aku homesick, bukan karna hal lain yang membuatku berada pada kondisi tidak nyaman ini..
Aku akui, satu hal yang sulit untuk ku lakukan adalah bersyukur. Aku selalu merasa masa lalu yang terajadi padaku selalu lebih baik dari pada saat ini. Sehingga aku selalu merasa tidak puas dengan apa yang ku dapat saat ini, kondisi ini, keadaan ini, status baruku sebagai mahasiswa UGM. Aku memang selalu melihat ke belakang untuk bersyukur, tetapi kadang hal yang kusyukuri itu terasa lebih baik dari saat ini, dan ketika aku berfikir tentang itu pula, aku jadi saat ini kembali ke masa lalu, memperbaiki semua kesalahan yang kuperbuat, mengulanginya dan memilih keputusan yang paling tepat agar ketidaknyamanan saat ini bisa ku hilangkan...
Aku mempunyai ayat emas tentang hal kehawatiran dan pencobaan:
Filipi 4 : 6 “janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”
Yakobus 1 : 2-4 “saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh kedalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.”
Yahh, inilah akur tulisanku pada pagi hari ini tertulis 5.37 tanggal 09-Desember-2014, saatnya aku bersiap-siap untuk masuk kuliah...
Terimakasih Tuhan, aku masih bisa menulis dan berbagi cerita tentang ketidaknyamananku dan segala hal yang menyangkut di dalam hatiku, aku tahu sangat tahu, Kau ada disini saat ini untuk mengangkatku, berkati keluargaku yang selalu mendukungku, dan tiba saatnya nanti aku akan membahagiakan mereka dengan kesuksesanku, kuatkan aku dalam setiap cobaan ini ya Tuhan, aku berterimakasih hanya padaMu saja Yesus..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar